KINERJA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (BP2T) DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DIKABUPATEN TANGERANG

Rahayu, Listya and Nugroho, Kandung Sapto and Arenawati, Arenawati (2012) KINERJA BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (BP2T) DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DIKABUPATEN TANGERANG. Other thesis, FISIP Untirta.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi ANE)
skripsi_LISTYA_RAHAYU-2.pdf - Published Version

Download (6Mb) | Preview

Abstract

Listya Rahayu. 6661072787. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang-Banten. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jurusan Administrasi Negara. Kinerja Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Dalam Memberikan Pelayanan Izin Mendirikan Bangunan Di Kabupaten Tangerang. Kata Kunci : Kinerja Pelayanan, Izin Mendirikan Bangunan Keberhasilan pemerintah dalam menangani setiap masalahnya salah satunya dapat diukur melalui keberhasilan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah itu sendiri, namun pada kenyataannya masih banyak pemerintah yang belum mampu memberikan pelayanan publik secara maksimal dikarenakan proses birokrasi yang masih sangat berbelit-belit. Dalam hal ini kinerja pelayanan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu masih dirasakan kurang maksimal karena dalam pembuatan surat izin masih saja tidak sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku serta kurang disiplinnya petugas pelayanan dalam memberikan pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja pelayanan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Tangerang dalam memberikan Izin Mendirikan Bangunan Di Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertitik tolak dari teori kinerja pelayanan menurut Valerie A.Zeithaml, A.Parasuraman, dan Leolard L.Berry. Teori ini berisikan instrument pengukuran kinerja pelayanan yaitu ketampakan fisik, keandalan, daya tanggap, kompetensi, kesopanan, kredibilitas, keamanan, akses, komunikasi dan pengertian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Karena tujuan pokok dari penelitian ini adalah membuat deskripsi gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Populasi penelitian adalah jumlah pelanggan yang terdaftar melakukan pelayanan perizinan IMB di BP2T kabupaten Tangerang yang berjumlah 2.416. sementara sampel yang diambil sebanyak 188 pelanggan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebar angket, studi dokumentasi, studi kepustakaan, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah nilai kinerja pelayanan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Tangerang adalah 74,89% dari yang diharapkan atau dapat dikategorikan baik karena mencapai angka diatas 70%. Akan tetapi ada beberapa indikator yang dirasakan masih kurang cukup memuaskan diantaranya pada indikator keandalan, kompetensi dan kredibilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: ABSTRACT: Listya Rahayu. 6661072787. University of Sultan Ageng Tirtayasa Serang-Banten Faculty of Social and Political Science. Department of Administration Country. Service worl capacity of Badan Pelayanan Perizinan Terpadu of Tangerang Regency in giving Permission to build the building at Tangerang Regency. Key words : service work capacity, building permits Success of government in solving the problems can be measured through success of service which is given by the government. In fact, government has not been able to give public service maximally due to the winding bureaucracy process. Service work capacity of Badan Pelayanan Perizinan Terpadu is undisciplined in making permission letter based on the procedure. The objective of this research is to know how the service work capacity of Badan Pelayanan Perizinan Terpadu of Tangerang regency in giving permission to built the buildingat Tangerang Regency. The teory of this research is based on Valerie A.Zeithalm, A.Parasuraman, and Leonard L.Berry. these theories are about instrument of tangible, reability, responveness, competence, courtesy, credibility, security, accses, communication, and understanding the customer. The methodology of this research is descriptive research with quantitative approach because the objective of this research is making the description systematically. Population of this research is the number of customers who are registered doing permission service building permits in Badan Pelayanan Perizinan Terpadu of Tangerang regency. They are 2416 customers. The sample of this research are 188 customers with using accidental sampling technique. Data collection technique used are questionnaire, documentation, library research and observation. The result of this research is the service work capacity is 74,89%. It means that the servicework capacity of Badan Pelayanan Perizinan Terpadu at Tangerang regency is good because it reached more than 70%. But there are some indicators which is felt not satisfied enough for example on the ability, competency and credibility.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences
Faculty of Social and Political Sciences > Public Administration Department
Depositing User: ICT FISIP Untirta
Date Deposited: 17 Dec 2012 02:12
Last Modified: 21 Mar 2013 08:12
URI: http://repository.fisip-untirta.ac.id/id/eprint/25

Actions (login required)

View Item View Item