EVALUASI KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SERANG

Kurniawan, Ade and Waseh, Hasuri and Haris, Deden M. (2012) EVALUASI KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SERANG. Other thesis, FISIP Untirta.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi ANE)
Skripsi_Ade_Kurniawan.pdf - Published Version

Download (7Mb) | Preview

Abstract

ADE KURNIAWAN, 6661072821. Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang 2012 ”Evaluasi Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang”. Kata kunci : Evaluasi Kinerja Pegawai Negeri Sipil. Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pegawai Negeri Sipil di instansi pemerintah merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan produktivitas kinerja suatu organisasi atau instansi pemerintah. Oleh karena itu, diperlukan sumber daya manusia yang mempunyai profesionalisme dan kompetensi tinggi karena hal ini akan dapat mendukung peningkatan kinerja Pegawai Negeri Sipil. Evaluasi kinerja adalah suatu metode dan proses penilaian dan pelaksanaan tugas seseorang atau sekelompok orang atau unit-unit kerja dalam satu perusahaan atau organisasi sesuai dengan standar kinerja atau tujuan yang ditetapkan lebih dahulu. Permasalahan yang diambil itu karena: 1) Masih kurangnya kualitas pelayanan terhadap masyarakat di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang, 2) Masih adanya Pegawai Negeri Sipil di Kankemenag Kabupaten Serang yang penempatannya tidak sesuai dengan latarbelakang pendidikannya, 3) Masih adanya infrastruktur sarana dan prasarana yang belum memadai di Kankemenag Kabupaten Serang. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan evaluasi oleh pejabat terkait di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang terhadap kinerja pegawai negeri sipil yang bekerja di Kantor tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Evaluasi oleh pejabat terkait di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang terhadap kinerja pegawai negeri sipil yang bekerja di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai negeri sipil yang bekerja di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Untuk menganalisa data peneliti menggunakan uji hipotesis t-test satu sample. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan kinerja pegawai negeri sipil pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang baik karena sesuai dengan hasil perhitungan diperoleh angka thitung ttabel ( 6,64 0,195 ) dan evaluasi kinerja pegawai negeri sipil pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang mencapai angka 70% dari angka 65% yang diharapkan. Hal ini menunjukan bahwa kinerja pegawai negeri sipil pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang baik. Saran yang dapat dijadikan sebagai masukan dan bahan pertimbangan untuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang adalah: 1) Lebih meningkatkan produktifitas dari para pegawai negeri sipil, 2) memberikan sanksi yang tegas kepada para pegawai, 3) Lebih mengefektifikasikan sarana dan prasarana khususnya di Kantor. 4) Sesuaikan penempatan pekerjaan pegawai dengan latar belakang pendidikan pegawai tersebut. 5) Meningkatkan disiplin jam kerja pegawai.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: ABSTRACT: ADE KURNIAWAN, 6661072821. State Administration of Science Studies Program, Faculty of Social and Political Sciences, University of Sultan Ageng Tirtayasa, Serang 2012. "Performance Evaluation of Civil Service at Kantor Kementerian Agama Kabupaten Serang". Keywords: Performance Evaluation of Civil Service. Quality of Human Resources (HR) of Civil Servants in government agencies is one factor to improve the productivity performance of an organization or government agency. Therefore, the necessary human resources that have a high professionalism and competence as this will be able to support the improvement of the performance of Civil Servants. Performance evaluation is a method and process of assessment and implementation of the tasks a person or group of individuals or work units within one company or organization in accordance with performance standards or goals set in advance. Problems that were taken because: 1) Still a lack of quality of service to the public at Kankemenag Kabupaten Serang, 2) Still a civil servant in Kankemenag Kabupaten Serang that their placement does not match to their education background, 3) Still the absence of infrastructure facilities and infrastructure that have not adequate at Kankemenag Kabupaten Serang. The problems are taken in this research is how the evaluation taken by the relevant officials in the Kankemenag Kabupaten Serang on the performance of civil servants who working in that office. The purpose of this research was to determine the implementation of the evaluation by the relevant officials in the Kankemenag Kabupaten Serang on the performance of civil servants working in the Kankemenag Kabupaten Serang. This research using descriptive method with quantitative approach. The population in this research were all civil servants working in Kankemenag Kabupaten Serang and sampling technique using all of that population. To analyze the data the author used a test of hypothesis one sample t-test. As for the data collection the author used the observation, documentation and questionnaires techniques. The results showed the performance of civil servants at Kankemenag Kabupaten Serang correct as in accordance with the calculation results obtained figures tcounting ttabel (6.64 0.195) and performance evaluation of civil servants at Kankemenag Kabupaten Serang reached 70% of the number 65 % is expected. This shows that the performance of civil servants at Kankemenag Kabupaten Serang is good. For the advice that can be used as input and consideration for Kankemenag Kabupaten Serang are: 1) Have to more increases the work productivity of civil servants, 2) Impose tough sanctions and punishment to employees, 3) Have to more streamline facilities and infrastructure, especially in the office. 4) Adjust the placement of employees work with the educational background of the employees. 5) Increase the hours worked by employees disciplined.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Kinerja Pegawai Negeri Sipil, Performance Evaluation of Civil Service
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences
Depositing User: ICT FISIP Untirta
Date Deposited: 17 Dec 2012 02:01
Last Modified: 21 Mar 2013 07:47
URI: http://repository.fisip-untirta.ac.id/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item View Item