STRATEGI MEDIA RELATIONS STUDI DESKRIPTIF MENGENAI STRATEGI PUSAT INFORMASI DAN HUMAS KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PUSAT DALAM MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA

Fahmi, Zul and Sihabudin, Ahmad and Setyorini, Deviani (2011) STRATEGI MEDIA RELATIONS STUDI DESKRIPTIF MENGENAI STRATEGI PUSAT INFORMASI DAN HUMAS KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PUSAT DALAM MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA. Other thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Skripsi Prodi. Komunikasi)
SKRIPSI KOM ZUL FAHMI.pdf - Published Version

Download (6Mb) | Preview
Official URL: http://kom.fisip-untirta.ac.id

Abstract

ZUL FAHMI. NIM. 061590. SKRIPSI. STRATEGI MEDIA RELATIONS DI PUSAT INFORMASI DAN HUMAS KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA PUSAT. Suatu organisasi akan berjalan jika adanya komunikasi antara organisasi dengan publiknya. Salah satu kegiatan komunikasi yang dilakukan humas adalah media relations. Dalam membina media relations humas harus memiliki strategi. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Pusat dalam membina media relations yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi media relations Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Pusat dalam memahami dan melayani media, membangun reputasi dipercaya, kerjasama dalam penyediaan materi, penyediaan fasilitas verifikasi, dan membangung hubungan personal dengan media. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sistem. Teori ini adalah teori yang membahas dan mempelajari organisasi sebagai suatu sistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data peneliti dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini berjumlah 4 (empat) orang. Hasil penelitian menggambarkan bahwa strategi Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Pusat dalam memahami dan melayani media melalui research based, pemahaman tipologi pimpinan dan introspeksi. Membangun reputasi dipercaya dengan melakukan maping situasi, smart dan cerdas memainkan situasi serta aktif mengundang media dalam bermacam kegiatan. Menyediakan salinan informasi yang baik dengan melakukan penggandaan release. Kerjasama dalam penyediaan materi dengan berfungsi sebagai gate pray activity dan informal souding kepada grassroad terlebih dahulu. Penyediaan fasiliatas verifikasi dengan responship, update info dan fasiliatas media center. Membangun hubungan personal media dengan melakukan pendekatan secara fungsional dan emosional. Kendala yang sering dihadapi adalah keterbatasan waktu tidak berimbang dengan banyaknya informasi yang hendak disampaikan. Adapun saran yang dapat peneliti berikan adalah agar Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Pusat mengembangkan e Public Relations demi pencapaian pemberitaan dan respon yang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: ABSTRACT ZUL FAHMI. NIM. 061590. SKRIPSI. STRATEGY MEDIA RELATIONS IN INFORMATION CENTER AND PUBLIK RELATIONS THE MINISTRY OF COMMUNICATION AND INFORMATION TECHNOLOGY REPUBLIC OF INDONESIA. An organization will work if exitence of communications between organization with its public. One of activity of public relations (PR) in organization is media relations. To construct good relation with media, hence PR to have strategy in that activity. This research in how Information Center and Public Relations The Ministry of Communication and Information Technology Republic of indonesia strategy in contrstructing good relations with media. As for its target to know and (RI) analyse information center and PR The Ministry of Communicatin and Information Technologi RI in constructing good relation with media through By serving the media, By establishing a reputations for reliability, By supplying good copy, By coorperations in providing material, By providing verification facilities, and By building personal with the media. This research uses system theory. It’s explaining is which discusses the theory and study the organization as a system. The method which is used in this research is qualitative descripteve method. The research data is collected through interview, observation and documentation. And there are 4 informant in this research. Analyse to regarding information center and PR the ministry of communication and information technology republic of indonesia strategy By serving the media with research based, understanding typologu from head of The Ministry, and introspection. By establishing a reputations for reliability with situation maping, smart play stituation public and actif for invite the media in various activities. By supplying good copy with reduplications release for media. By coorperations in providing material with plan fungtion for the gate pray activity and informal sounding to grassroad public for the first. By providing verification facilities with responship, update informations an media center fasilities for media. And the last By providing verification facilities with do aprroach fungtions and emotional. But for the problem formulation will be informed in strategy media relations is time constraints are not balanced by the many news want delivered. And advice that researcher could give is in order The Information Center and PR The Ministry of Communication and Information Technology RI try to do e- public relations for the achieve maximum coverage and response.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences
Faculty of Social and Political Sciences > Communication Department
Depositing User: ICT FISIP Untirta
Date Deposited: 18 Feb 2013 03:55
Last Modified: 16 May 2013 06:45
URI: http://repository.fisip-untirta.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item